Jumat, 09 Desember 2011

Mengungkap Karunia Roh

Kabarkaya.com,Seperti kita ketahui bahwa manusia itu terdiri dari "Tubuh dan Roh" yaitu Tubuh atau jasad itu terdiri dari: daging,tulang,darah,kulit serta sel-sel yang ada didalam tubuh manusia,sedangkan Roh itu adalah unsur Ilahi yang merupakan hasil ciptaan Allah yang tidak berwujud dan hanya Allah yang tahu rahasianya. Sedangkan ilmu manusia tentang roh itu masih snagat sedit sekali yang diketahui oleh manusia sebagaimana yang disebutkan dalam Surat Al-Isra [17-85] "Mereka bertanya kepadamu tentang Roh. Katakanlah !:" Roh itu termasuk urusan Tuhan. Adapun ilmu yang telah kamu peroleh sangat sedikit sekali." Jadi dengan demikian ilmu yang menyangkut maslah roh adalah rahasia dan merupakan urusan Allah, namun tidak dilarang untuk mengetahui rahasia tersebut dengan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh manusia.

Roh itu bukan terdiri dari unsur materi atau benda sepeerti halnya tubuh [jasad], sehingga dengan unsur Roh itulah yang menyebabkan daging,tulang,darah, kulit,rambut dapat bergerak dan tumbuh serta tubuh manusia itu hidup. Dan dengan tubuh yang hidup itulah akhirnya bisa berkembang biak dan mempunyai keturunan, dan dengan unsur Roh itulah kita mempunyai akal,pikiran yang dapat membedakan yang baik dan buruk,rasa kasih sayang,cinta,benci,susah,senang dan sebagainya.Dengan adanya karunia dari Allah itulah berupa Roh hasil ciptaan-Nya kita manusia patut untuk mensyukurinya, karena tanpa adanya Ruh yang khusus diciptakan kepada manusia yang sempurna dan tidak sama dengan Roh dari makhluk lainnya yang ada dimuka bumi ini.

Tubuh manusia hidup dan bernyawa berkat adanya unsur tubuh [jasad] dan roh sehingga bisa hidup karena dihidupkan,dan bisa bergerak karena digerakkan,serta bisa tumbuh karena ditumbuhkan dan yang yang membuat hidup anggota tubuh dan panca indra semua itu berkat adanya Roh yang berasal dari hasil ciptaan Allah.Dan proses kejadiannya manusia itu adalah :"Mulanya Kami menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes mani, lalu dari segumpal darah,dan seterusnya dari sebingkah daging ada yang "genap bulannya", dan ada pula yang tidak. Selanjutnya Kami dudukkan janin-janin itu didalam rahim menurut kehendak Kami selama umur kandungan. Kemudian Kami keluarkan kamu dari rahim ibumu sebagai bayi. Lalu kami pelihara hingga dengan berangsur-angsur tubuhnya jadi tegap dan dewasa. Diantaramu ada yang diwafatkan dan ada pula yang diberi umur panjang sampai pikun sehingga dia tidak mengetahui lagi apa-apa yang dahuku pernah diketahuinya."[Al-Hajj 22:5]

Dengan penjelasan Al-Qur'an secara detail dan terperinci di ayat lainnya dijelaskan mengenai ditiupkan roh hasil ciptaan Allah ke tubuh Nabi Adam yang diciptakan dari tanah,sehingga hidup dan menjadi nenek moyang semua manusia. Dan seterusnya manusia berkembang biak melalui proses kelahiran, dan pada saat usia kandungan ibu berusia 4 bulan Allah meniupkan Roh hasil ciptaan-Nya dan setelah usia 9 bulan akhirnya keluarlah bayi manusia dari rahim ibunya masing-masing. Dan Roh itu akan tetap hidup didalam tubuh manusia selama nyawa belum dicabut Allah pada saat ajal tiba, dan setelah kematian tiba dan roh dicabut oleh Malaikat atas izin Allah., maka roh akan meninggalkan tubuh manusia dan kembali kepada sang pencipta yaitu Allah SWT dan selanjutnya ditempatkan di Alam Bardzah sampai Hari Kiamat tiba.Sedangkan roh itu akan tetap hidup kekal dan abadi dia tidak mengenal mati sama seperti malaikat dan makhluk ghaib lainnya.

Sedangkan Tubuh yang ditinggalkan roh otomatis akan mati dan tidak bergerak lagi dan setelah dikubur akan hancur menjadi tanah kembali ketempat asalnya. Dan setelah kiamat tiba barulah kembali tubuh itu akan dihidupkan kembali dan dibangkitkan dari kuburnya masing-masing di akhirat, untuk mempertanggung jawabkan amal perbuatan masing-selama hidupnya di dunia.Sehingga Allah telah menciptakan manusia di dunia ini sesuai dengan petunjuk-Nya dan menyatakan bahwa:"Sesungguhnya Kami telah menjadikan segalanya di bumi ini untuk perhiasan bagi bumi itu sendiri dan penghuninya,"Untuk menguji siapakah diantara mereka yang paling baik amalnya"[Al-Kahf 18:7]. Demikian mudah-mudahan ada manfaatnya kepada kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar